Senin, 27 Juni 2011

Wisata Kuliner Solo

Mumpung masih dalam masa liburan sekolah informsi ini saya sampaikan. Barangkali ada yang berniat buat jadi turis domestik di Surakarta Hadiningrat, obyek wisata kuliner ini bagus juga buat masuk daftar kunjungan.


Bistik Solo


Terletak tidak jauh dari Alun-alun Solo, Kraton, Pasar Klewer , dan juga Pusat Grosir Solo. Wisata kuliner ini tepatnya ada di Gladag, dari Jl. Slamet Riyadi (jalan utama di Solo) lurus terus ke timur. Buka dari jam 18.00-24.00 We-Ie-Be, obyek ini menawarkan berbagai macam masakan tradisional Jawa. Bukan hanya yang khas Solo seperti gudeg, sega liwet, thengkleng saja, tapi ada juga rujak cingur dan rawon yang notabene khas masakan Jawa Timuran.

Para pedagang makanan di tempat tersebut merupakan bekas PKL yang 'digusur' oleh Pemkot Solo. Melalui pendekatan yang baik dan perlu waktu cukup lama untuk mendekati para pedagang serta menumbuhkan jiwa kewirausahaah mereka, akhirnya mereka bersedia ditempatkan di satu area yang strategis ini. Siang hari area mereka berjualan merupakan jalan raya di depan Pusat Grosir Solo (PGS) dan perkantoran. Sore hari jalan sepanjang 1,5 km ini disulap menjadi arena wisata kuliner.

Tempatnya sungguh bersih, teratur. Sesuai dengan motto Solo Berseri! Yang tidak kalah pentingmya: tidak akan ada gangguan pengamen layaknya kalau kita makan di lesehan Yogya. Hiburan kita dapatkan selain nonton pengunjung (?) juga dari grup musik maupun wayang yang manggung di situ setiap malam.

Harga makanan di area tersebut cukup terjangkau kantong. Tentunya ini yang menjadi salah satu daya tarik sehingga banyak sekali pengunjung. Saya melihat ada ratusan mobil parkir dengan rapi, tidak terhitung lagi jumlah sepeda motor (brompit, jare wong Solo). Meski ramai, tidak perlu kuatir bakal berdesakan. Bisa nyantai kok.....

Menu yang mungkin menarik buat mafioso'88 (paling tidak mas Diek dan Agung) yaitu sate kere! Disebut sate kere karena kalau umumnya sate terbuat dari daging, tapi sate ini menggunakan tempe gembus sebagai bahan dasarnya.



Cabuk Rambak

Tertarik? Barangkali dapat dijadwalkan untuk mengunjungi tempat ini pada liburan kali ini atau waktu-waktu yang akan datang. Obyek wisata lainnya yang dapat kita kunjungi di Solo adalah PGS, Klewer (wisata belanja), museum, kraton, water boom di Solo Baru. Tidak jauh dari Solo kita dapat ke yogya atau ke Grojogan Sewu di Tawang Mangu.

Penginapan? Buat yang perlu hotel juga banayk sekali hotel di Solo dengan harga bervariasi. Mulai dari kelas melati, 100 ribuan (bahkan kurang dikit) ber AC sampai hotel berbintang seperti Novotel, Sahid, dsb.
Akhirnya, selamat berlibur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar